Sosialisasi Tentang Pentingnya Pendidikan Untuk Anak

Pendidikan adalah modal penting dalam mengarungi perubahan dan perkembangan era modern sekarang ini. Bahkan ada istilah yang menyebutkan bahwa pendidikan adalah mata uang yang berlaku di semua negara. Artinya adalah dengan pendidikan kita sudah mempunyai separuh modal dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin pelik, tinggal bagaimana kita mengasah dan mengembangkan potensi yang ada pada diri kita.
Setiap orang tentu menginginkan sebuah kehidupan yang layak dan lebih baik. Untuk mewujudkan kehidupan yang layak tersebut adalah dengan mengenyam pendidikan sebagaimana mestinya. Mengingat pendidikan itu sangatlah penting, kami memutuskan untuk melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan kepada anak-anak desa Paya Tungel ini. Dimana tepatnya pada hari Minggu, tanggal 19 Januari 2014, kami melaksanakan program dari mahasiswa pendidikan ekonomi, Safrida, yaitu sosialisasi tentang pentingnya pendidikan untuk anak.
Kami memilih tempat di TPA karena di sana banyak anak yang masih mengenyam pendidikan, mulai dari bangku pendidikan dasar sampai pendidikan menengah ada disana. Betapa terharunya kami melihat anak-anak desa ini, karena mereka begitu antusias dan senang saat kami para mahasiswa kkn datang ke tempat mereka. Satu persatu anak-anak datang menghampiri dan menyalami kami, kami merasa menjadi guru sesungguhnya untuk mereka. Wajah-wajah mereka yang begitu polos membuat kami ingin segera melakukan kegiatan ini untuk memberikan mereka pengetahuan betapa pentingnya pendidikan dan agar mereka lebih semangat lagi untuk mengenyam pendidikan. 
Saat kami mulai membicarakan tentang pendidikan, mereka mendengar dengan baik tanpa ada satu kata pun yang keluar dari mulut mereka. Suasana yang begitu hening, tenang dan nyaman membuat kami lebih bersemangat lagi untuk memberikan mereka sebanyak-banyak pengetahuan tentang pentingnya pendidikan. Tiba- tiba pertanyaan demi pertanyaan mulai keluar dari mulut mereka, dan suasana sebelumnya yang hening menjadi ramai dengan suara mereka yang mengajukan beberapa pertanyaan, dan hal ini membuat kami lebih bersemangat lagi dalam melakukan sosialisasi dan menjawab pertanyaan mereka dengan sangat senang. Alhamdulillah pencerahan dari kami membuat mereka mulai membuka mata dan pikiran untuk belajar lebih giat lagi. Sehingga mereka tidak merasa kaget melihat zaman yang modern ini.
Belum lama setelah kami melakukan sosialisasi tersebut, telah tampak perubahan terhadap anak-anak desa ini. Mereka sekarang begitu disiplin untuk pergi kesekolah dan mengaji, sebelumnya masih ada anak-anak yang suka malas sekolah sekarang sudah mulai berusaha untuk tidak libur lagi sekolah. Sebelumnya anak-anak yang pergi mengaji hanya beberapa orang saja sekarang lebih banyak yang pergi mengaji dari sebelumnya. Kami sangat bersyukur usaha yang kami lakukan untuk anak-anak desa ini berbuah hasil yang positif. 
Semoga anak-anak desa Paya Tungel menjadi anak-anak yang sukses yang dapat membanggakan orang tua, agama nusa dan bangsa serta dapat membawa perubahan bagi kampung paya tungel ini agar menjadi kampung yang lebih maju.

 Image

“SUASANA SAAT SOSIALISASI SEDANG BERLANGSUNG”

Leave a comment