Memperkenalkan Lampu Sederhana Hemat Energi Tenaga Matahari

Di pagi hari Minggu, tanggal 26 Januari 2014, kami menjalankan program utama dari mahasiwa teknik mesin, Saiful Bachri Siregar, yaitu memperkenalkan lampu sederhana hemat energi tenaga matahari. Lokasi yang kami ambil sebagai tempat simulasi adalah ruangan dapur dari rumah kepala dusun tempat kami tinggal.

 Image

“KERJA SAMA KELOMPOK SAAT MENAIKI ATAP RUMAH”

 

Suasana mulai mencekam saat proses pemasangan lampu berlangsung. Bagaimana tidak, sejak awal naik keatas atap rumah, keadaan seng yang cukup lumayan karatan dan rapuh membat kami agak sedikit goyah. Kami harus melakukan semua dengan cara yang benar-benar sangat perlahan. Pada saat proses pembolongan atap, hati mulai galau karena takut jatuh dengan keadaan kayu yang meragukan. Tapi itu semua akhirnya terlewati dengan kerjasama dan semangat anggota kelompok yang saling membantu.

 Image

“PROSES PEMASANGAN LAMPU HEMAT ENERGI”

 

Tepat pada pukul 12.00 WIB, pemasangan lampu akhirnya selesai. Hasilnya cukup memuaskan karena kondisi langit pada saat itu sangatlah terik, sehingga pantulan cahaya yang dihasilkan melalui lampu botol tersebut menjadi lebih bagus. Namun karena lampu ini hanya mengandalkan cahaya matahari, maka lampu ini tidak bisa digunakan di malam hari.

Image 

“LAMPU YANG MULAI MENGELUARKAN CAHAYA NYA”

Leave a comment